Sebuah kompetensi jurusan pada bidang Sekolah Menengah Kejuruan Bisnis dan Manajemen yang mempelajari keilmuan dan praktik tentang bidang pemasaran dan pengembangan bisnis online melalui media Internet.
Pemasaran adalah sebuah kompetensi keahlian (jurusan) yang mempelajari dasar – dasar kemampuan dan keilmuan menjadi seorang marketing baik marketing secara konvensional maupun melalui media daring (online/internet). Di Kompetensi Keahlian Pemasaran siswa akan mempelajari strategi pasar, kewirausahaan dan membaca peluang di dunia bisnis.
Ruang Lingkup:
Ruang lingkup pekerjaan bagi kelulusan Kompetensi Keahlian Pemasaran adalah jenis pekerjaan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI keahlian pada jenjang SMK antara lain:
DUNIA USAHA | LINGKUP PEKERJAAN |
Perusahaan Jasa
Perusahaan Dagang Perusahaan Manufaktur Instansi Pemerintah/Swasta |
a. Ritel, Toko, Supermarket, Dealer
1. Pramuniaga (Tenaga Penjual) 2. Tenaga Pemasaran (SPG dan SPM) 3. Tenaga Pembelian 4. Pengelola Gedung 5. Kasir 6. Tenaga Admnistrasi Penjualan dan Pembelian 7. Perantara Dagang b. Pabrikasi: pergudangan, keuangan, distribusi barang c. Koperasi: manajer koperasi, pemasaran pembukuan d. Asuransi: staff, debt Colector, Pencari nasabah |
Dengan memenfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan program keahlian Pemasaran juga dimungkinkan mengelola perusahaan untuk usaha mandiri.
Kompetensi Keahlian Pemasaran dapat melanjutkan kuliah di :
1. | Fakultas Ekonomi | 4. | Manajemen Bisnis | |
2. | Marketing | 5. | Manajemen Pemasaran | |
3. | Komputer Akuntansi |